Tuesday 3 November 2015

I've Never Been This Hurt Before.


On October 29th 2015, my grandma passed away.

My grandma passed away..

This is the hardest words i've ever said. I got a lot of words that i want to say, but i just don't know how to say it. bcs i was very hurt that day, till now.



Hari Minggu, 25 Oktober 2015
Kakak sepupu gw lamaran tapi nenek gw ga ikut karena dia sakit. disitu gw mulai sadar kalau nenek gw sakit parah. habis lamaran, gw dan keluarga besar gw jenguk nenek gw yang lg sakit di rumah tante gw. gw masih inget pas gw buka pintu kamar, ada dia lg duduk di tempat tidur. kurus, pucet, ga bertenaga. dia blg "sasa, mbah sakit sa" disitu gw udah berkaca-kaca, karena gw ga tega ngeliat dia sakit kayak gini. Gw ga tau kalau dia separah ini, yg gw tau dia cuma sakit biasa dan udah berapa hari gamau makan, kadang suka sesek jg. dia udah pernah sakit kayak gini, dan habis itu bisa sembuh lagi seger kayak biasa. walaupun badannya kecil, dia sangat sehat untuk ukuran orang yang udah umur 81 tahun kayak dia. cuma kali ini kondisinya beda, gw bisa liat bedanya sama sakit dia yg dulu2. kali ini bener2 bikin dia lemah dan udah payah banget. kita paksa dia buat diopname aja, awalnya dia gamau tapi karena semua anak cucu maksa akhirnya dia mau diopname. dari pas gw sampe dirumah tante gw, gw sama dia pegangan tangan terus, gw tiduran disamping dia, bener2 ga kemana2 sampe kita berangkat ke rs. kita tiduran sebelahan sambil pegangan tangan trus dia blg "sasa kok badannya panas" badan gw ga panas..
badan gw ga panas, tapi badan dia yang dingin, gw setakut itu untuk mengakui bahwa badan nenek gw udah dingin. karena gw tau ini bukan kondisi yang baik untuk seorang manusia. setelah sekitar 2jam dirumah tante gw, kita berangkat ke rs. semua anak cucu nenek gw ikut. nenek gw ikut di mobil gw, pas di mobil papa ade sempet blg "mbah, 6bulan lagi punya cicit dari yaya(kakak gw), sehat yah mbah" nenek gw bilang "iya mbah mau sehat. nanti kalau udah sehat mau tinggal diciputat aja (rumah gw)" disini gw merasa agak lega karena semangat hidup nenek gw masih tinggi.
sampe rs dia lgsg dibawa ke igd. awalnya gw cuma nunggu di ruang tunggu karena cuma boleh 2 orang yg nemenin masuk ke igd tapi akhirnya gw masuk ke igd nya gantian sama om gw. gw sama dia pegangan tangan lagi, fyi.. gw sama dia emg sesering itu pegangan tangan, kalau ketemu pas arisan atau pas gw kerumahnya pasti ada momen kita pegangan tangan dalam jangka waktu lama untuk sekedar mainin tangan masing2 atau gw usap2 urat tangan dia atau dia pijit2 tangan gw, yang pasti tiap ketemu gw selalu menyempatkan untuk duduk disebelah dia dan pegangan tangan sama dia. gw sesayang itu sama nenek gw.
pas di dalem igd gw yang nemenin dia disuntik, pas mau dironsen, pas dia diinfus, diambil darah sampe hasilnya keluar. dokter bilang nenek gw paru2 basah, udah kerendem dan harus di sedot jadi harus opname lalu bakal dicariin kamar. gw sebodoh itu mengira paru2 basah bukan penyakit yg amat sangat serius dan bs menghilangkan nyawa seseorang. gw fikir nenek gw akan sembuh dalam hitungan minggu karena dokter udah ngasih solusi untuk nyedot cairan diparu2nya.
nenek gw blg "yang lain pada pulang aja gih, kasian besok kerja pada capek. tapi sasa jangan pulang yah, tungguin sampe mbah dapet kamar" gw pun mengiyakan. tapi karena rs lagi rame jd susah dapet kamar, akhirnya gw izin sama dia untuk pulang karena besok gw harus kerja sedangkan gw blm istirahat dr pagi karena kakak sepupu gw lamaran. nenek gw blg gapapa kalau mau pulang kasian sasa udah capek. ternyata dia pun baru dapet kamar senin pagi, jd semaleman dia di igd.
mama ida rutin ngasih info ttg keadaan nenek gw. pas hari selasa dikabarin kalau cairannya udah disedot, nenek gw udah mau makan dan semua berjalan lancar. gw lega banget, gw udah optimis semua hal buruk udah jauh dan kita tinggal nunggu dia pulih aja.
hari rabu mama ida jenguk nenek gw ke rs, disana ada tante gw jadi mereka ngurusin berdua. mama ida blg nenek gw masih lemes banget tapi udah mau makan, udah ngobrol2 juga dan masih inget sama semua hal. palingan cuma suka ngigo aja pas tidur. intinya gw fikir kondisi dia udah membaik.
Kamis 29 Oktober 2015.
Beberapa lama setelah gw sampe kantor, mama ida watsap ngasih tau kalau nenek gw kritis. kakak sepupu gw jg watsap ngasih tau kondisi nenek gw. gw nelfon kerumah dan mama ida udah keadaan nangis karena dia takut nenek gw kenapa2. gw pun begitu, setelah gw denger kabar itu dan denger mama ida nangis, gw tau.. keadaan lagi memburuk. gw pun lgsg nangis dan berdoa untuk nenek gw. mama ida minta gw pulang, atau gw lgsg ke rs aja. gw udah izin sama orang kantor buat pulang tapi gw masih nunggu kabar dr papa ade buat jemput jd gw masih stay dikantor sambil nunggu kabar. cuma jeda 15menitan, papa ade telfon "sa, beres2 ya nanti dijemput. mbah udah ga ada"

gw langsung nangis sekejer2nya, gw sakit banget dengernya, rasanya dunia gw hancur banget, gw gatau kedepannya bakal kayak gimana.

gw langsung beres2 dan dijemput sama supir gw. sampe tanah abang (rumah nenek gw) gw makin ga bisa nahan sakit hati. gw makin nangis dan bersimpuh disamping nenek gw, gw pegang tangan dia dan gw patah hati banget disaat gw pegang tangan dia, udah gada lagi balasan dr dia buat genggam tangan gw kayak dulu. this is a real heart break. gw gamau kemana2, gw cuma tiduran disamping nenek gw sambil meluk tangan dia yg udah diletakkin diatas perut dia. karena cuma ini kesempatan gw, habis ini udah ga bisa lagi, ga akan bisa lagi..

gw tau kelakuan gw ga seharusnya kayak gini. gw ikhlas, kasian kalaupun dia hidup harus sakit kayak gitu. cuma gw ga bisa berfikir jernih ataupun sok tegar karena memang gw ga tegar sama sekali. gwpun tau kelakuan gw kyk menggambarkan gw ga ikhlas atas meninggalnya nenek gw.

nenek gw dikubur habis asar. jadi sekitar jam 2an dia dimandiin. gw ngeliatin semua prosesi nya. habis dimandiin lalu dibawa lg kedalem untuk dikafanin, ditidurin diatas kafan dan gw duduk tepat di depan kepala dia. nangis gw makin pecah soalnya udah makin dikit waktu gw buat liatin dia, gw sampe ga kuat berdiri. sebelum wajahnya ditutup kapas, semua anak cucu menantu dikasih kesempatan buat cium. gw pegang pipinya, gw usap dan gw cium keningnya. insyaallah, sasa ikhlas, mbah.

sampe hari ini, gw masih suka nangis. mungkin ini emang fase wajar yang harus dilewatin. gw gatau sampe kapan gw harus kayak gini. tapi lama2 pasti hilang kok. gw ga bermaksud bikin orang2 sekitar gw bingung ngadepin gw yang kayak gini, gw cuma gatau cara menyikapi hal ini gimana. gw sesek aja kalau inget nanti gw ketanah abang lagi ga ketemu nenek gw lagi. selama ini jg gw jarang ketemu dia, paling sebulan 2kali atau bahkan satu kali. tapi walaupun jarang, gw tau kalau gw ke tanah abang atau kalau ada acara keluarga pasti bakal ketemu dia. skrg kalau lagi biasa ya gw ga sedih karena nganggepnya lagi ga ketemu aja, cuma pas inget ga akan pernah ketemuh lagi itu yang bikin gw sakit banget. gw bener2 belum pernah ngerasain sakit hati sesakit ini.

maaf mbah kalau sasa ngeberatin mbah, sasa bakal nyoba makin ikhlas lagi dr hari ke hari :) sasa cuma butuh waktu lebih buat lewatin fase ini.

"I still can’t believe it. It feels like I could still see you. I tell myself that it’s a lie. The fact that you left my side.Your face that’s smiling in the photo. The past days that seemed would last forever. But one day, suddenly, you left my side. But I won’t cry, so you won’t feel bad. I’ll try living without you now. No matter how much it hurts, even if tears keep coming, i wanna smile.. i wanna think of you and smile. I tell myself that i forgot you, that i’m okay now, but no matter how much i pretend, i keep thinking of you and tears keep flowing. When my heart was aching and hurting. Many good people comforted me. I hope you have that too wherever you are, i pray that you’re happy" - Ladies' Code, I'll Smile Even If It Hurts.

i love you, so much and..
Happy Birthday♡
28 October is her birthday.


shasa

No comments:

Post a Comment