Wednesday 2 March 2016

Cross the sea - A Trip to Harapan Island @ Kepulauan Seribu

last sunday, i just got back from harapan island with my college friends + their partner. kita pergi ber11 : sasa randy mega alvian ratih lucky dana getmi nanda anis dan capruk. kita pergi ini pake tripnya randy yaitu arbarimtour

hari jumat malem gw beserta cewek2 nginep di kosan getmi, yang cowok2 nginep dikosan randy, supaya pas sabtu subuh berangkat ke kali ademnya barengan dan ga ribet. jadi pulang kantor gw lgsg dijemput papa ade trus makan dan mandi dulu habis itu ke kosan getmi.
sekitar jam set4an kita udah bangun dan siap2, kita pesen mcd juga buat sarapan karena takutnya ga sempet makan kan, gataunya di kali adem banyak jualan makanan HUFT! dan kita sampe duluan! nungguin yang cowok2 ga dateng! kali adem tuh ya yassalam bau amis banget trus banjir2 becek gitu trus gada tempat duduk juga, mana gelap pula gara2 masih subuh, emang ya cowok2 tega dasar.

karena ga ada tempat duduk akhirnya kita ngemper dijalanan :(
setelah sekitar setengah jam nunggu akhirnya dateng juga mereka.randy langsung ngurus tiket kapal, lalu kita udah boleh masuk ke dalem kapalnya walaupun jam berangkatnya masih jam 8. kita dateng pagi supaya dapet tempat duduk yang enak. gw masuk sekitar jam 6 trus makan mcd dan ngobrol2 dulu. ternyata bangku kapalnya kayak bangku bis gt kok bagus, gw kirain kita bakalan duduk di bawah gt ga ada bangkunya, udah mikir pasti bakal pegel banget kan karena perjalanan kesana sekitar 3jam.
habis makan kita semua tepar, tidur semua karena malemnya cuma tidur sebentar. awalnya gw merasa biasa aja naik kapal, ga mabok sama sekali. dari pengalaman gw di belitung pun emang gw ga mabok laut pas hopping island pdhl pake kapal nelayan dan berjam2 sampe yang lain pada muntah. ini kan kapal gede gt harusnya lebih ga berasa. tapi semua berubah....
setelah lebih dari 2 jam perjalanan, ombaknya tiba2 ga nyantai banget tapi gw masih ga kenapa2 tuh, sampe akhirnya gw bosen dan main hp. NAH INI BIANGNYA NIH. gara2 liat hp buset deh lgsg muter pala gw, trus perut jg dikocok2 karena ombaknya gede. gw mikir "mati deh nih gw"
gw udah siapin plastik untuk siap2 muntah, randy sempet nawarin gw buat jalan ke toilet atau keluar dari kapal biar fresh, tapi gw udah ga bs bediri takut pingsan hahahaha ternyata gw bs menahan semua ini *aku bangga* gw gajadi muntah, udah ga pusing dan perjalanan udah deket. gw nengokin temen2 gw dong tuh mau cerita jg kalau gw udah hampir mati tadi *lebai* GATAUNYA SEMUANYA MABOK BUKAN W DOANK. kirain gw doang yg cemen, ternyata emang semua orang mabok. anis dan capruk muntah, mega dan getmi udah pucet, alvian udah mau muntah trus dia telen lagi (gw gapaham sama ni orang), dana mukanya bulu semua, nanda perutnya buncit, ratih lucky tidur karena mereka percaya antimo.................
setelah 3jam dilaut, sekitar jam 11an kita sampe jg dipulau harapan! YEAH!
turun dari kapal kita ketemua sama guide lokal yaitu mas jupri dan dianter ke rumah tempat kita nginep. pas masuk rumah taunya di ruang tamu udah siap makan buat kita, ah mas jupri tau aja sih yang aku mau :") tapi lagi mati lampu disana jd agak gelap.
habis makan dan ganti baju, kita jalan lagi deh buat hopping island dan snorkling sesuai itinerary. btw gw mau cerita, pas mau berangkat hopping island ini dana blg "tadi gw sedih pas kita sampe, kaget loh cuma gini doang nih kita ke pulau" gw bingung maksudnya dana apa, setelah dia jelasin ternyata DANA KIRA HOPPING ISLAND ITU ARTINYA PULAU HARAPAN JADI DIA KIRA KITA KE PULAU HARAPAN YA DIRUMAH DOANG GT NIKMATIN PEMANDANGAN SEKITAR, DAN PEMANDANGAN SEKITAR RUMAH KITA GADA BAGUS2NYA. SEDANGKAN HOPPING ISLAND ARTINYA LONCAT DARI SATU PULAU KE PULAU LAIN *teriak* mau pergi ke pulau manapun jg di itinerary lo pasti ada hopping island.
gw capek ngomong sama lo dan..

this is my second island hopping (my first time was in belitung), kita menuju ke spot buat snorkling dengan kapal nelayan juga.

ocean therapy
farsha mega randy getmi

karena skrg gw udah punya pengalaman snorkling *angkuh* gw udah tau cara mensiasatinya biar ga sekarat lagi kyk waktu pertama kali. gw snorkeling ga pake pelampung karena pelampung bikin gw sesek napas, jadi pelampungnya ga gw pake cuma gw pegangin aja buat jaga2 kalau tenggelem. trus di pulau harapan ini jg ga terlalu banyak ikan muahahahaha bahagianya diriku, jadi bs bebas berenang tanpa kelojotan gara2 banyak ikan. disini ikan nya ada tapi ga gt banyak, dan juga mereka berenangnya ga ke permukaan gt pokoknya mantep deh.

we are so ready~~~
farsha alvian mega capruk

baru aja kan gw bilang kalau gw bahagia snorkling disini, namun bencana lain terjadi.. kayaknya gw terlalu semangat dan takabur berenangnya kesana kemari trus tiba2 gw nabrak karang. BYAR BYUR KECIPAK KECIPUK JEDAAAAAAK. kira2 begitu ilustrasi gw lg berenang trus nabrak karang. gw liat jari tengah kaki kiri gw dan betis kiri gw. putih gada darahnya... bukan warna kulit... tapi daging... KULIT GW ILANG GATAU NGAMBANG KEMANA TIBA2 UDAH DAGING2 GW TERPAMPANG NYATA.

sakit :(
sakit banget :(
SAKIT NYET :(

parah bgt gw udah ga bs berenang lg sakit bgt, gw berenang menuju balik kekapal dengan susah payah sendirian karena yg lain lagi foto2 (kalian itu ya...) cuma ada dana di pinggir kapal dan capruk diatas kapal, dana cuma "yaampun sa, yaudah naik dulu sana" sambil dorong punggung gw. habis itu gw dibantuin naik sama capruk karena seperti kalian tau gw paling ga bs angkat badan sendiri karena berat. IYA BERAT. pas gw udah berhasil naik baru deh tuh darah ngucur semua, kayaknya karena tadi didalem air ya jadi darahnya ga keluar. trus gw cuma bs merenung nungguin yg lain masih berenang huhu mau ikutan. trus gw lg merenung sambil kesakitan tiba2 capruk manggil gw blg ada ubur2, aku lgsg lonjak lonjak dong karena kusangat suka ubur2 ^^ and I TOUCHED IT! ubur2 yg kita temuin ini agak aneh, ga kayak ubur2 yg byk kakinya trus bulet gt, tapi ini kotak kyk jelly nata decoco bening, pas diambil dia gerak2 lucu bgt! this is the real jellyfish.

jellyfish on my hand :D
setelah 5 jam *ga deng* yang lain akhirnya selesai jg snorkelingnya dan pada naik ke kapal. randy lgsg obatin luka gw, trus dihansaplasin karena gw kekeh masih mau ikutan snorkling lagi di spot kedua. jadi ditutup dulu lukanya biar ga gt sakit pas kena air. snorkeling di spot kedua ini akhirnya gw pake fin supaya nutupin luka yg di jari. sempet jg pas lagi berenang kok betis gw berasa perih lagi, pas gw liat taunya hansaplasnya udah hanyut, lalalala~~

udah puas snorkeling di dua tempat, kita lanjut lagi ke pulau gosong, pulaunya itu cuma gundukan pasir ditengah laut. hampir mirip sama pulau pasir yg dibelitung cuma ini lebih panjang dan lebih tinggi pasirnya jadi ga tenggelem gt loh, dan yang paling membedakan adalah di pulau gosong ini ADA TUKANG POPMIE, KOPI DAN GORENGAN. sokil gob. emang ye dasar ga bisa liat lapak dikit langsung dibuat jualan.
gw suka sama pulau ini, gw kira yg model kyk gini cuma ada di maldives, ga taunya di pulau seribu jg ada, jadi lumayan lah ya nyobain maldives ala-ala.

maldives, wait me for a true holiday. someday :)
just let the waves hit my feet
making memories while having fun, the easiest job ever!
Ratih Mega ♥
salty hair
in love with the ocean breeze
Bicceul ssotneun sky~ i stand under it, fly as if i’m dreaming, my life is a beauty ♩ ♪ ♫ ♬
sun-kissed
tujuan selanjutnya adalah pulau perak. pulaunya biasa aja malahan cenderung kotor karena byk yg buang sampah sembarangan soalnya pulau perak ini kyknya emang tempat istirahat deh byk yang jual makanan. kita kesini juga buat makan indomie sama es kelapa, tapi ternyata cuma ada pop mie jadinya gw beli gorengan aja disana. selesai ngemil2 lalu kita balik ke kapal buat pulang ke penginapan. gw anaknya rada ide ya, sendal gw pgn gw cuci trus gw pake habis itu gw masukin tuh kaki gw ke air pas kapal masih jalan, trus sendal gw lepas.... ngambang dilautan... trus gw diomelin sama nanda :"""D untung aja udah deket ke tepi jadi udah gada ombak dan kapalnya bisa mundur hahaha maafkan aku ya kawan2 :))))
sampe ke tepi kita jajan dulu telur gulung sama cilung alias aci di gulung... bebasssshhh bang. pas udah dirumah ternyata lampu udah nyala alhamdulillah. gw langsung mandi tuh sambil belingsatan gara2 lukanya perih kena sabun :( setelah semuanya mandi kita rame2 makan, makan sudah disiapin di ruang tamu seperti tadi siang.
malam ini kita mau bbq dan udah paket juga dalem tournya, namun apadaya aku lelah, habis makan malem gw lgsg tidur jadinya ga ikut anak2 bbq-an deh. gw mega sama ratih udah telap semua jadinya ditinggal sama yg lain. jam 3an gw bangun karena mau pipis dan gw baru sadar hujan deres bgt, untung aja ga pas siang2 hujannya, bisa gagal semua rencana deh. gw masih pipis dengan damai dan santai, gw keluar dari toilet, ratih mega anis getmi udah jejeritan trus gw pikir pada napa dah nih, mereka bilang handuk dijemur diluar, gw blg ini udah dimasukin kok sama cowok2 (sambil nunjuk gantungan di dalem rumah) dan gw baru sadar digantungan itu isinya baju semua. WEI HANDUK GW DIMANA? kita lgsg keluar rumah dan yak... handuknya udah lepek semua sampe bisa diperes. jadilah jam 3pagi kita cewek2 gotong royong masukin handuk2 ke dalem dan bikin jemuran pake bambu buat ngejembreng (?) handuk2 kita yg basah. gw meratapi... besok ga bisa mandi.. yaudah ga usah mandi aja :) kita menemukan satu handuk fenomenal, warna hijau gambar hello kity dan ada tulisan happy birthday jannah, dan cewek2 gada yg merasa bawa handuk itu. kita berasumsi pasti handuk ini milik capruk atau dana. dengan tingkat sotoy luar biasa kita ngakak2 aja tuh ngetawain cowok pake handuk kyk gt. ternyata setelah ditelusuri TERNYATA GADA YG BAWA HANDUK ITU. itu ternyata handuk warga yg ga sengaja nanda selamatkan saat hujan. MAKIN NGAKAK, semenjak itulah jannah jadi tagline liburan kita kali ini. masih ada satu tagline lagi yaitu bryan. jadi pas cowok2 mau tidur, alvian itu udah tidur duluan dengan posisi seenak udel dia, trus cowok2 nyari cara buat bikin posisi tidur supaya muat tidur ber6, capruk yg kyknya udah giting gara2 kebanyakan makan cilung sama cilor, mau nyebut alvian tapi dengan asal dia nyeletuk "itu siapa tuh dia namanya. si bryan.." BEST!
paginya kita bangun2 udah set9 trus masih agak gerimis jadi mau pergi ke pulau jg takut ga bisa. ga lama kemudian makanan dianterin,yaudah kita makan dulu sambil beres2 dan cuci2. pas hujan berhenti ternyata kata randy kita masih bisa pergi ke pulau dan masih ada waktu sampe waktunya pulang ke jakarta YES! kita jalan2 lagi deeeeh, ke pulau bulat namanya, dan belum terlalu rame jg disana jadi bisa enak bebas foto2 karena ini adalah tujuan terakhir kita sebelum balik ke jakarta

maafkan kami kakak capruk :D
ratih lucky anis nanda farsha randy capruk getmi dana alvian mega
jika surga dan neraka tak pernah ada~~~
5 bidadari dari kayangan + 1 ikan tongkol
ini namanya yuyu, kepiting kecil gt, gw pun baru tau ada hewan namanya yuyu :''

CARILAH 5 PERBEDAAN DARI FOTO INI
Sept, 8. connected since 1991.
island selfie with bae
aku bundar sempurna O
aku jogging ah~
see you on another trip guys ♥
sayonara~~
dari pulau bulat kita balik ke penginapan buat mandi dan beres2 lalu langsug ke pelabuhan untuk pulang kejakarta, pas pulang ini lebih enak ombaknya jadi dikapal sama sekali ga enek dan pusing. sampe kali adem kita memutuskan untuk makan dulu distasiun kota karena gw dana capruk getmi mega mau naik kereta, jadi kita mulai misahnya dikota aja. kita makan di restoran djakarte di deket museum fatahillah, GW MAKAN IGA BAKAR NIKMAT BGT ENDANG BAMBANG GULINDANG. sayangnya jauh ya dikota jadi ga bs sering2 makan disana deh.
habis makan kita pisah deh, geng kereta yang langsung menuju rumah masing2 dan geng bus gratisan ahok dari kota-karet yang harus kekosan randy karena nitip kendaraan disana.

next trip kita rencanain lagi ya teman2 :)))

shasa

1 comment:

1. Ya Allah sasaaaa terharu sambil ngakak asli bacanya sambil bayangin hahaha ok sa next trip yesss we'll go very sooooon !!