Sunday 26 June 2016

Fly to Hongkong - A Trip Before Ramadhan

Berhubung komputer dan wifi dirumah gw habis kesamber petir lalu mati total (kesambernya pas gw lg nonton di kompi pula, gimana aing ga terkejut) dan laptop gw udah lemot luar biasa gara-gara kena virus, maka terjadilah ke-late-post-an ini. gw baru bisa nulis setelah komputer dan laptop gw di service sampe akhirnya sehat kembali di h-1 puasa. ditambah lagi mood nulis yg ga dateng-dateng, jadi walaupun kompi dan lapi udah bener, tetep aja ketunda mulu mau nulis, alhasil jadi nyicil-nyicil nulisnya, gatau lagi deh ini udah save draft keberapa kalinya.
Akhir Mei lalu gw sempet jalan-jalan ke Hongkong tanggal 25-29, gw pergi sama bolang & bella (bagi yg pernah baca blog gw mungkin tau kalau mereka sahabat gw dari SMA, bahkan sama bolang udah temenan dr SMP, dan mereka salah satu peserta waktu gw ke belitung). jadi, kita udah beli paket (tiket+hotel dari airasia) hongkong ini semenjak bulan  februari. nunggunya cukup lama juga ya sekitar 3 bulan, sampe akhirnya udah masuk bulan mei dan keberangkatan makin dekat, persiapan udah mateng banget nih, udah nentuin bakal kemana aja nanti disana. namun, hal yg amat sangat tidak disangka tiba-tiba terjadi, 9 hari sebelum berangkat GW MASUK RUMAH SAKIT KARENA DBD *kokop sari kurma* wah ga karuan banget deh, gw di opname dari tanggal 16-20 mei, gila cuy gw baru keluar rs h-5 berangkat *tenggak infusan* selama di rs gw bingung kan tuh gimana nih ga sembuh-sembuh, takut nanti kalau masih sakit gimana, takut ga boleh pergi sama papa ade mama ida, nangislah kalau uang tiket sama hotel hangus dan gw udah nunggu 3 bulan, senewen banget pokoknya. tapi alhamdulillah gw akhirnya ttp bisa pergi dan boleh pergi sama papa ade (walaupun sama mama ida awalnya ga boleh pergi). jadi akalnya papa ade itu, tiap gw nangis, gamau makan, gamau minum obat, atau minta pulang dari rs, senjata dia cuma satu "sasa jangan gitu, tar ga bisa ke hongkong loh" AMPUH SEKALI MANTRA ITU YHA. senjata pamungkas dia bgt buat maksa gw makan dll.
kembali kecerita hongkong, h+5 keluar rs akhirnya gw tetep berangkat dengan keadaan tangan masih biru-biru macem orang abis ngobat akibat disuntikin mulu selama di rs (dalam 5 hari ada kali gw di ambil darah 10x) dan gw merasa insyaallah udah sehat.

Day 1 - Wednesday - 25 Mei 2016
Flight kita hari ini jam set9 pagi, dan harus transit dulu di KL. sampe KL sekitar jam set12an, dan kita boarding lg buat lanjut ke hongkong jam 1. karena masih ada waktu, kita makan dulu di airport biar ga kelaperan juga nanti di pesawat.

Lunch @ Kuala Lumpur International Airport
After 1 hour, it's boarding time.

Bismillah~
semua penumpang udah masuk ke pesawat, tapi sampe lebih dari setengah jam ga jalan juga, sampe udah melebihi waktu take off. kita bete kan tuh, awal perkiraan jam set6an udah sampe hongkong tapi kalau delay gini mau nyampe hongkong jam berapa, makin lama take off yang ada makin malem kan sampe hongkong. setelah sekian lama nunggu, akhirnya kita dikasih pengumuman dan kepastian.
you know what?

we got a broken plane.

untuk pertama kalinya gw merasa bersyukur dengan delaynya keberangkatan. Dear god, i can't thank enough. entah apa yang bakal terjadi kalau tadi kita udah take off dan udah ada di tengah-tengah awan lalu baru ketauan bahwa ada yg salah sama pesawat ini. bahkan untuk bayanginnya aja gw ga sanggup. semua penumpang disuruh turun lagi dan nunggu pesawat pengganti dateng. kita nunggu hampir 3 jam, jam set5an baru kita bener-bener take off.
on 8pm, we arrived at Hongkong International Airport. habis nunggu bagasi, bolang & bella nyari simcard dulu (gw anaknya lebih prefer beli pulsa dan aktifin paket roaming dari jakarta), kita baru keluar airport jam set10an, udah terlalu malem dan terlalu capek buat langsung jalan-jalan malam itu juga, jadi kita memutuskan untuk langsung ke hotel aja dan istirahat karena perjalan esok-esok hari masih sangaaaat panjang.

Aiport Express to Hongkong City. semacam MTR tapi lebih bagus dan....... lebih mahal. naik mtr ke stasiun manapun rata-rata sekitar HKD 19-25, tapi ini dari airport ke central (pusat kota hongkong) harganya HKD 100 *jual ginjal* jadi mendingan naik bus deh ke daerah tujuan, gw nginep di daerah Tsim tsa shui, kalau naik bus harganya HKD 33 tapi kita gatau kalau MTR dr airport semahal itu, karena gw pikir kan semahal-mahalnya kereta palingan berapa, ternyata hidup ini penuh kejutan *ngemis*
Kita turun di stasiun Hongkong (central) dan transit naik mtr biasa (bukan airport express yg harga sekali jalan bisa buat makan sushi tei ampe muntah) ke Tsim tsa shui. ga terlalu susah ya cari hotel kita, karena deket banget sama stasiun, cuma disebrangnya doang. hotel gw adanya di lantai-lantai atas chungking mansion, gw baru tau kalau chungking mansion itu macem ITC yg sepanjang jalan isinya orang-orang nawarin nasi briyani *jalan cepet* sekali lagi, hidup memang penuh kejutan. Tsim tsa shui ini menurut gw kayak little indianya hongkong deh, karena banyak banget orang indianya, chungking mansion pun penjualnya rata-rata orang india. mereka baik-baik banget kok dan ga macem-macem walaupun pas awal sampe sana agak ngeri ya karena kyk dikejar-kejar ditawarin guest house atau nasi briyani, tapi lama-lama jadi terbiasa juga dan dari merekanya juga ga melakukan hal negatif. sampe diatas kita langsung check in, lalu receptionistnya manggil bellboy buat anterin kita ke kamar. MANIS BANGET MASNYAAA. sumpah beneran ini bellboy nya orang india gt tapi manis banget pgn gw uyup *macem kuah bakso diuyup*
sampe kamar gw terbengong-bengong karena kamarnya super sempit, cuma 1 king bed dan 1 single bed dan kamar mandi, koper aja ga bisa di taruh di bawah :( ga bisa lewat kalau koper ditaruh bawah. tapi overall, kamarnya bersih, rapi, wangi dan dingin sih. masalahnya memang cuma sempit doang. ya karena kita bakal jarang di hotel jadi yaudahlah ya terima aja.

Day 2 - Thursday - 26 Mei 2016
DISNEYLAND = Happiest Place on Earth.
Jujur aja, disneyland adalah satu-satunya alasan gw pergi ke hongkong. dari sebelum beli tiket, gw udah ngerengek sama temen-temen gw minta temenin ke disneyland dan hongkong adalah disneyland terdekat. sampe akhirnya bolang mau nemenin dan bella mau ikut. gw bener-bener belum mikirin mau kemana lagi selain disneyland, sampe akhirnya kita fix pergi baru deh cari-cari tempat lain buat dikunjungin.
awalnya kita berniat jam 7an udah bangun. tapi apadaya yg pergi isinya kebo semua jadi jam 9an baru bangun, dan sekitar jam 10an kita baru berangkat ke disneyland

buset itu badan apa matras shay lebar bener
MTR to Disneyland Resort
jam 11 gw udah sampe disneyland, kita ke disneyland ber4 sama pacarnya bella, seorang pilot yang kebetulan lagi tebang ke hongkong (gw yakin ini bukan kebetulan tapi memang direncanakan, kalian memang licik ya)

THE GATE

The ticket
Happy face! can't wait to meet ariel the little mermaid! she is my fav from disney♥ can't wait to hear I See The Light! my fav song from disney♥
gapake nunggu lama kita langsung jalan ke dalem, alhamdulillah disneylandnya ga rame hari ini, jadi kalau naik wahana jg antri cuma sebentar. ternyata lumayan jauh ya dari gate ke pintu pemeriksaan tiket lalu dari pemeriksaan tiket ke main park yang ada sleeping beauty castlenya. pas berangkat sih ga berasa karena masih fresh dan excited, tapi pas pulang beuuuuh kaki mau copot bye!

THE MAIN PARK

it's a beautiful day!
do i look like a Yupi Stawberry Kiss :'D
going to disneyland before getting married : DONE!
sleeping goofy, whoof whoof!
kwik, kwek &kwak with their uncle
A cat with two rabbits :D
Minnie :3
after strolling around the main park, we reached the fairy tale forest. it's like a dream come true, i've been loving disney princesses from a looooooong time ago, since i was a kid. i found a music boxes, magic books, caves and castles here.

Fairy Tale Forest by PANDORA
every gates to the Princess' Gardens
Snow white's garden
all those days watching from the window, all those years outside looking in, all that time never even knowing just how blind i've been~ now i'm here blinking in the starlight, now i'm here suddenly i see, standing here it's all so clear, I'M WHERE I'M MEANT TO BE~~ oh i love this song so much, it brings tears into my eyes, so grateful when i played the music box and i could hear the tone of i see the light.
a magic book at Rapunzel's garden
Cinderella's garden
ARIEL'S GARDEN
eventho i see the light is my fav song from disney but tangled isn't my fav movie, my fav is the little mermaid. gw paling suka sama cerita ini, dan gw paling suka sama ariel diantara princess lainnya, intinya gw suka segala hal yg ada di film ini. gw bahkan bercita-cita untuk ke pantai dan sewa pakaian putri duyung :')

it's kinda like this. Pict from Google.
HAHAHAHA someday i'll do this, watch me.

under the sea, down here all the fish is happy~

pas gw muter kotak musik di little mermaid garden ini, tiba-tiba muncul salah satu scene dari film little mermaid dengan lagu kiss the girl dari kolam goa, ZUPER GEMEZ YA!

kita lanjut ke toy story land, disini kita perdana foto sama badut karakter dan naik wahana pertama kita, karena daritadi kita belum nemu wahana jadi belum naik apa-apa dan baru nemu di toystoryland ini.

Hello, Sheriff Woody!
meet lots-o-huggin' bear. he's so fluffy i'm gonna dieeeeee
we took our first rides on RC Racer, it's speeding back and forth on U shaped track. kurang lebih rasanya kayak kora-kora di dufan, tapi lebih serem karena tracknya tinggi banget jadi berasa lebih curam sampe tegak. KETAGIHAN BANGET. Pict from here
ini tracknya RC Racer, pas malem gw sempet balik kesini karena mau naik sekali lg tapi sayangnya wahana ini udah tutup jadi gagal deh nyobain lagi :(
Slinky Dog Spin, it feels like ombang-ambing from dufan, kalau lo pernah coba naik ombang-ambing ya kurang lebih rasanya sama. Pict from Google.
wahana terakhir di toystoryland adalah Toy Soldier Parachute Drop, sama kayak histeria dufan, tapi ini lebih pendek dan lebih pelan, awalnya gw underestimate banget sama wahana ini karena keliatannya kayak pelan dan ga serem, tapi pas diatas..... Yha gemeter juga ya *minum obat tremor biar ga geter* Pict from here
karena paginya kita cuma makan roti, baru muter-muter sebentar di disneyland kita udah kelaperan banget, jadi habis dari toystoryland kita niatnya cari makan dulu. tapi karena sepanjang jalan kita nemu wahana mulu, akhirnya ga jadi-jadi tiap mau makan :"D

Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars, jetcoasternya Disneyland. ini adalah wahana yang paling gw suka di disneyland hongkong ini, karena gw memang pencinta jetcoaster banget. seperti biasa gw awalnya meremehkan karena menurut gw biasa banget ga ada serem-seremnya sama sekali. tapi tiba-tiba kita nanjak gada abisnya sampe tinggi banget, gw deg-degan kan tuh karena gw duduk paling belakang, kebayang dong kalau paling belakang pas terjun curamnya kayak apaan. tapi setelah nanjak jauh TIBA-TIBA MUNDUR KENCENG BANGET *mak tolong mak* mundur terus sampe masuk ke goa dan berhenti, didalem ada boneka-boneka beruang segede-gede alaihim lg ledakin dinamit, sound ledakannya pas banget dibelakang gw untung gendang telinga gw ga pecah *astaf* habis ada ledakan, jetcoasternya maju dengan kecepatan dua kali lipat, mulut gw udah ga kekontrol semua bahasa kotor udah disebut. saking ketagihan dan saking ga rame, kita naik sampe tiga kali, antri-naik-turun-antri-naik-turun-antri-naik-turun sampe migren *yawla* Pict from here
Mystic Manor
bagi gw, mystic manor adalah wahana terkeren yang ada disini. walaupun hanya semacam tur keliling ruangan, tapi kereta kita ga ada rel nya, semacam pake magnet bawahnya, dan kita ga perlu tengok kanan kiri atau belakang, cukup madep depan aja karena kereta kita otomatis mengarahkan ke sesuatu yang harus kita lihat, jadi dia ga cuma sekedar jalan maju kedepan, who doesn't love this ride? duh buat deskripsiin wahana ini aja sebenernya gw ga bisa, keren banget pokoknya gw sampe naik dua kali dan tetep kagum *kasih penghargaan untuk yang buat wahana ini* Pict from here
selanjutnya kita masuk ke Mickey's Phillar Magic, konser animasi 3D bahkan 4D kali ya karena beneran ada efek cipratan air, jadi keluar-keluar mayan lepek juga kita *asem bro diciprat-ciprat air campur keringet seharian* ceritanya tentang donald yang harus mimpin orkestra tapi topi ajaibnya dia terbang kemana-mana sampai dia ketemu dengan karakter-karakter disney lain kayak aladin, ariel, tinkerbell dll. acara ini dikemas dengan sempurna, totalitas banget untuk semuanya dan betempat di concert hall yang ga tanggung-tanggung bagusnya. Pict from here
kali ini kita udah ga kuat kelaperan banget gara-gara daritadi ga jadi mulu mau makan haha sekarang bener-bener udah kehabisan tenaga dan lambung udah perih, kita menuju ke tomorrow land buat makan disana.

Happy tummy ^^
di tomorrowland ada beberapa wahana, tapi gw cuma tertarik sama space mountain doang (jetcoaster didalem ruangan gelap) tapi sayangnya pas gw kesana space mountainnya lagi di renov :( huu ndak jodoh ya. untuk naik wahana lain gw ga tertarik, gw cuma masuk ke wahana Buzz Lightyear Astro Blasters untuk ngadem haha wahananya sama persis kayak perang bintang

Buzz Lightyear Astro Blasters. Pict from here
selanjutnya kita ke It's a Small World, istana boneka versi Disneyland. semua yang ada disini sama banget kayak istana boneka, dari perahunya sampe bonekanya pun sama banget.

It's a world of laughter, a world of tears. it's a world of hopes, a world of fear. there's so much that we share and it's time we're aware. it's a small world after all~
jam set4 udah kita jadwalin buat nonton Mickey and the Wondrous Book, konser musikal tentang mickey dan karakter disney lainnya, durasinya kira-kira setengah jam lah. pemainnya oke-oke banget, penarinya pun sebagus itu, gw suka banget sama pemain yang nyanyi Happily Ever After, ga gitu ganteng tapi suaranya bisa bikin hamidun *loncat kepanggung* trus yang jadi ariel juga cantik bangeeeeet. ga berasa deh setengah jam nonton ginian, gw sampe ga ngeluarin hp sama sekali buat foto atau video karena terlalu fokus nonton. kalau cakep dan punya suara bagus mah pingin banget gw kerja di disneyland jadi pemain musikalnya *khayalan belaka* dari semuanya yang suaranya paling membombardir adalah yang jadi elsa, i think she did eat Let it go CD, her voice was sooo amazing.

Mickey and the Wondrous Book. Pict from Google.
selesai dari Mickey and the Wondrous Book kita menuju ke The Many Adventures of Winnie the Pooh, mungkin ini wahana yang antrinya paling lama, kita udah bulak balik kesini mulu tapi tulisannya antrian masih 40 menit lagi lah, 30 menit lagi lah, kan males kita ngabisin waktu cuma karena antri ini. tapi kali ini antrian cuma tinggal 10 menit lagi, jadi yaudahlah kita antri aja, penasaran jg wahananya kayak apa. ternyata sih cuma tur ruangan kayak story book winnie the pooh gitu pake kereta honey pots, biasa aja sebenernya tapi GEMEZ.

next, shopping! karena udah sore, udah nyobain wahana-wahana, udah makan, udah jalan-jalan tapi masih harus nunggu sampe malem buat liat "Disney Paint the Night" Night time Spectacular & "Disney In The Stars" Fireworks (hal yang paling gw tunggu-tunggu di disneyland), kita akhirnya memutuskan buat liat-liat merchandise disneyland. gw kalap banget, lucu-lucu semua barangnyaaaa, tapi..... gw belanjanya permen semua, bener-bener ga beli apapun selain permen, karena bentuk permennya lucu-lucu banget dan gw memang seneng sama permen kan. gw almost run out of money because of candies. ga kepikiran kalau di hongkong masih sampe hari minggu dan ga mikir jg bakal berat bawa-bawa tentengan permen padahal pulang masih ntar malem dan pulang pun harus jalan kaki ke stasiun dan naik mtr *aku khilaf* setelah belanja, kita duduk-duduk dulu di main park sekalian istirahat, betis udah bengkak shay *lah bukannya dari dulu udah bengkak* *tertohok*

Mickey's head shaped Lollipops ºOº

sambil nunggu malem, gw ngajakin buat naik wahana lagi. kita menuju ke Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars, Toy Soldier Parachute Drop dan RC Racer buat naik sekali lagi haha anaknya ga suka mencoba sesuatu yang baru, jadi yang udah pernah aja dinaikin lagi. tapi sayangnya RC Racer udah tutup wahananya, gatau kenapa dia tutup duluan, mungkin kalau makin malam mempengaruhi keselamatan kali ya tapi gatau juga sih.

habis itu kita langsung menuju ke main park, pas banget "Disney Paint the Night" Night time Spectacular baru di mulai, SUPER HAPPY KARENA SUPER KEREN. yang gw heran, daritadi seharian di disneyland gw merasa disneylandnya sepi, tapi pas Night Parade napa tiba-tiba jadi lautan manusia begini macem mau demo masak. kalau siang nyebar sih ya jadi ga keliatan rame.

Part of your woooorld~~ Tale as old as time~~ You've got a friend in me~~ Mickey Mouse!
gw ga berenti dadah-dadah ke ariel, rasa excitednya udah kayak ketemu oppa-oppa korea *kembali kekehidupan itu* padahal ariel fiksi dan yang jadi ariel di night parade juga gw gatau siapa, but i'm very happy. after that, kita nunggu 15 menit, kemudian "Disney In The Stars" Fireworks finally started. durasinya cuma 15 menit, mungkin ini salah satu the best 15 minutes in my life. baguuuus banget, cantik banget, everything was perfect! but unfortunately, lagu i see the light ga di nyanyiin disini, kayaknya fireworks festival yang ada i see the lightnya itu di disneyland paris sama jepang deh, gw pernah liat di youtube soalnya dan gw pikir di hongkong juga sama tapi ternyata enggak. its okay, forgiven :)

Video : Fireworks Festival - Disney in the Stars @ Disneyland Hong Kong

"Laughter is timeless, Imagination has no age and Dreams are forever" - Walt Disney
How lucky am i to have something that makes saying goodbye so hard -Winnie The Pooh

Goodbye, Disneyland♥

Disneyland = Done :)

Day 3 - Friday - 27 Mei 2016
walaupun semalem kita kecapean dan kurang tidur, pagi ini kita udah harus bangun cepet karena jadwal kita hari ini adalah MACAU!
dari hongkong kita harus naik ferry ke macau, dan ternyata terminal ferrynya deket sama hotel gw, cuma karena kitanya amatir jadinya jalan kakinya lumayan jauh karena nyasar dan harus puter balik lagi *baring di aspal*
pas sampe terminal langsung ada mbak-mbak yang ngarahin kita buat beli tiket, kita mah kan mana paham jadi ngikut aja kan tuh, ternyata doi mengarahkan kita ke penjualan tiket Cotai Water Jet, kapal yang paling bagus dan harganya HKD 355 pp, padahal ada Turbo Jet yang harganya HKD 255 pp dan kapalnya jg sama sekali ga jelek *dasar kamu wanita ular mbak*
perjalanan Hongkong-Macau kira-kira satu jam lah dan ombaknya lumayan gede tapi masih sangat bisa ditoleransi. sampe macau kita langsung ke imigrasi. selesai dari imigrasi, dipintu keluar langsung banyak banget yang nawarin sewa mobil buat muter-muter di macau, kita disamperin sama bapak-bapak gitu pokoknya jago banget bahasa inggris dan ngasih tau apa aja tempat favorit di macau, dia nawarin sewa mobil untuk keliling ke tempat-tempat wisata macau dengan harga HKD 1200 *ini gw dipalak apa gimana sih* MAHAL BANGET OM! kalau dirupiahin kurang lebih sekitar 2,4 juta *jorokin ke laut* tapi karena kita jg gatau transport dimacau dan tiba-tiba hujan deres banget, kita akhirnya mau dan nawar jadi HKD 900, tetep mahal.... *sakit hati ini rasanya* setelah deal, dia ajak kita keluar terminal ferry dan ternyata bukan doi yang bakal jadi supir kita, dia ngenalin ke supir yang bakal nemenin kita, udah kakek-kakek dan GABISA BAHASA INGGRIS SAMA SEKALI *dasar ya kau om-om culas* susah banget ngomong sama mbah satu ini, sampe pake bahasa isyarat kalau ngomong sama dia, sekedar you stay here aja kagak ngartos dia, kan bingung kalau kita lagi turun trus tiba-tiba dia ngilang gimana.
gw lupa deh tujuan pertama kita apa, ada disebelah terminal gitu tapi ga menarik jadi kita cuma liat dari depan dan ga turun. pas nyampe situ, si kakek sempet nawarin kita turun pake bahasa isyarat *capek banget hidup gw* trus dia nunjuk-nunjuk bangku belakang sambil bilang ambala, pas kita liat ternyata di belakang ada payung, oooh ambala bahasa cinanya payung mungkin, begitu kan pikir gw. tapi kita bilang gamau turun jadi lanjut aja ketujuan berikutnya yaitu Kun Iam Ecumenical Centre, patung dewi kuan im yang ada di pinggir danau/laut, trus ada rubber duck super gede ngambang dideket situ, padahal gw udah bercita-cita foto sama rubber duck itu, tapi hujan deres banget kita ga bisa turun :(

Kun Iam Ecumenical Centre & Giant Rrubber Duck. Pict from here
kita minta ke kakek buat anter ke macau tower karena bolang mau bungeejumping, gw juga pingin nyoba bungeejumping sebenernya tapi pas tau harganya hampir HKD 4000 gw langsung gajadi, kalau harga segitu mah bisa-bisa abis bungeejumping gw puasa setahun penuh. sesampainya kita di macau tower, kakek langsung nunjuk-nunjuk payung sambil bilang "ambala ambala" doi takut banget kita kehujanan jadi tiap mau turun pasti nyuruh pake payung, unyu juga nih mbah-mbah udah kayak sama cucu sendiri. tau ga, ternyata kata bolang si kakek nyebut ambala itu maksudnya UMBRELLA *ngakak ampe tahun baru* gw sama bella sama sekali ga ngeh kalau ambala itu umbrella. gimana ga sedih sih jadi kita, perkara umbrella aja dia ga bisa nyebutnya :( lanjut ke cerita macau tower, di lobby kita nanya-nanya mengenai bungeejumping, ternyata lagi ga bisa karena masih gerimis dan cuacanya bahaya buat terjun, jadi mbaknya nyuruh kita mendingan nunggu aja di macau tower sampe waktu yang tidak bisa ditentukan, pokoknya sampe cuacanya aman buat bungeejumping *ngana ngeledek apa begimana* kita gamau dong karena sangat membuang waktu, mendingan muter-muter macau.

Running Man was here!
Lee Dong Wook & Han Hye Jin
Lee Kwang Soo
Ha Dong Hoon
tujuan selanjutnya adalah penha hill, sebenernya penha hill ga ada di tujuan wisata yang ditunjukin sama om-om di terminal tadi, tapi kita request buat dianter kesini dan si opa ambala mau nganter kita *begitulah cara kita memanggil dia sampai saat ini* hujan juga udah lumayan berenti, tapi tetep aja opa maksa kita buat pake ambala *takut cucunya demam*

Macau Tower from Penha Hill

habis dari penha hill kita minta di anter ke st paul lalu ke senado square, tapi menurut opa ambala kita ke townhall (senado square) dulu baru ke st paul karena biar ga muter balik jalannya. tapi dikarenakan keterbatasan bahasa, ngejelasin kayak ginian biar nyambung aja pake effort banget gw sampe ngos-ngosan kayaknya ngomong sama dia

bolang emang paling bangke, gw sama bella susah payah biar nyambung sama si opa, dia diem aja dan taunya malah videon kita, gapapa sih lumayan buat kenang-kenangan, gw sampe skrg masih ngakak sendiri kalau nonton video ini. BISA LIAT KAN SUSAHNYA KAYAK APAAN, ini cuma satu yang kerekam ya, sedangkan kita kayak gini tiap mau pindah tempat atau nyuruh dia jangan kemana-mana. ujung-ujungnya tetep aja ambala kan yg disebut, gw heran nih si opa ada obsesi apa sih sama payung.
setelah usaha keras, kita berangkat buat ke senado dulu. pas jalan kesana, kita ngelewatin Wynn Hotel dan opa tiba-tiba parkir lalu ngajak kita turun. ternyata di hotel ini tiap setengah jam ada pertunjukan naga gitu. keren deh, di lobbynya ada kayak setengah lingkaran gitu trus bisa kebuka dan ada patung naga keluar, atapnya juga bisa kebuka. baiknya opaaa udah sempetin ajak kita kesini :)

Dragon Show @ Wynn Hotel
habis pertunjukan selesai, kita berangkat lagi. senado square itu tempat belanja dan banyak restoran. kita langsung cari makan karena kita belum makan siang, jadi kita kesini cuma buat makan aja.

Senado Square. Pict from here
selesai makan kita ke mobil lagi dan siap buat berangkat ke St Paul, disini kita ketemuan sama dimas, temennya bolang yang kerja di Venetian macau. dia bakal nemenin kita sampe kita ke terminal ferry nanti, dan jadi tour guide kita di St Paul ini dan di Venetian nanti.

disini kita lumayan lama karena di deket St Paul ini banyak yang jualan makanan cemilan terutama dendeng babi, keliatan enak-enak banget, sayangnya kita ga bisa makan babi hehe kita cuma nyobain eggtart aja disana soalnya banyak yang bilang kalau eggtart macau itu enak banget. menurut gw sih sama aja ya sama eggtart pada umumnya, atau mungkin kita ga nemu merk eggtart yang famous itu.
tempat terakhir yang mau kita kunjungin adalah The Venetian Macau, opa ambala bakal anter kita kesana dan habis itu kita pisah sama dia karena gada tujuan yang mau kita datengin lagi dan dari Venetian ada Shuttle Bus gratis buat ke terminal ferry. kita berniat untuk naik ferry yang jam 19.00, dan kita udah sampe venetian jam 16.00, masih ada waktu 2 jam buat muter-muter sekitar sini.

The Famous Casino at Venetian. it's super big! selegal itu judi disini, tempatnya gede banget dan siapapun boleh masuk. gw ngeliatin orang-orang pada main, gw gapaham sama sekali cara mainnya begimana. ya gw jg ga tertarik buat main sih, selain karena takut dosa, gw jg ga punya uang sebanyak itu buat main judi hahaha minimum bet nya aja HKD 500 mending gw makan atau belanja deh. yang gw heran, kebanyakan yang main itu kakek-kakek dan nenek-nenek....... metal bener ye.
The Venetian Macau. semenjak nonton boys before flowers jaman SMA dulu, gw kepingin banget kesini and now, my dream became real :D
The Parisian Macau. tempat terbaru di sekitar venetian macau, bahkan pembangunannya aja belum selesai. nantinya di menara Eiffel itu bakal ada restorannya, tapi sekarang belum buka. ini pun gw foto dari mall sebrangnya yang gw gatau namanya apa :"")
Jam 18.30 kita menuju ke halte shuttel bus buat ke terminal, sampe sana udah jam 18.50, udah ga sempet buat naik ferry yang 19.00 karena masih harus urus imigrasi, akhirnya kita naik ferry yang jam 19.30. karena seharian hujan terus, ombaknya 5juta kali lebih kenceng dari pas berangkat tadi. sekapal udah hoek sana hoek sini kayaknya, banyak banget yang muntah. gw pun udah hampir muntah, selama perjalanan gw masukin muka ke kantong jaga-jaga kalau tiba-tiba muntah. namun aku mampu bertahan, sampe nyampe hongkong gamuntah. udah ga enak badan banget karena seharin jalan, mabok laut dan kehujanan, udah ga kuat jalan-jalan lagi. Goodnight!

Day 4 - Saturday - 28 Mei 2016
anak-anak ini saking mabok abis pergi dari macau, baru bangun sekitar jam 11. rencana kita hari ini ke ngong ping 360 trus malemnya mau belanja di ladies market mongkok. jam 1 kita baru jalan dari hotel, tapi hari ini hujan lagi, untungnya hujan turun pas kita udah di MTR jadi kita ga kehujanan. sampe stasiun ngong ping kita langsung menuju ke loket pembelian tiket dan beli tiket 360 Fun Pass : paket untuk dapet tiket Standard Cable Car (Round Trip), Stage 360, Motion 360 dan Walking with Buddha. DINGIN BANGET. pas di cable car juga makin atas makin ga bisa lihat apa-apa karena hujan dan kabutnya tebel banget. gw pake rok pendek pula, untung bawa jaket. sampe atas kita makan dulu di subway lalu masuk ke Walking with Buddha, kayak nonton bioskop gitu cerita tentang buddha. pas selesai nonton, hujan makin deres dan bener-bener ga bisa kemana-mana karena bakal basah banget, awalnya kita nunggu di toko souvenir walking with buddha dan lama-lama bosen juga karena udah kelamaan, dan akhirnya kita jalan melipir-lipir dipinggiran sampe ke honeymoon dessert. PANCAKE DURIAN!! my precious. btw dijakarta udah gada honeymoon dessert apa? di gancy dan di pim udah tutup, gw luluh lantak dan patah hati rasanya ditinggal sama honeymoon dessert *aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi* pas hujan udah redaan, kita jalan ke stage 360 tapi ternyata udah habis jadwalnya, jadi sampe skrg gw gatau stage motion itu apa *semua gara-gara hujan* kita masih bisa masuk ke motion 360 dan dapet jadwal jam 17.30, lumayan lah kita nunggu setengah jam di toko souvenir motion 360 karena hujan kembali deras dan kita terjebak. kita ga naik ke bigbuddha karena jauuuuuh sekali mendaki anak-anak tangganya dan kami anak pemalas jadi skip ae lah.

fog everywhere
Silent Hill
gw udah kayak bang gojek

cable car terakhir buat balik adalah jam 18.30 gw gatau deh tuh kalau ada orang yang ketinggalin cable car gimana. jam 18.00 kita udah mulai antri dan alhamdulillah bisa balik :") lanjut ke mongkok buat makan malam dan belanja. mongkong mirip sama chinatownnya singapore, banyak oleh-oleh khas hongkong dan harganya juga ga mahal. mongkok adalah tempat yg paling banyak orang indonesianya, selama di hongkong jarang banget gw nemu orang indonesia, tapi pas di mongkong rasanya udah kayak di tanah abang.

Ladies Market @ Mongkok
Day 5 - Sunday - 29 Mei 2016
hari ini kita pulaaang, seexcited itu mau pulang. karena gw anaknya jarang banget ninggalin keluarga, apalagi sampe ga pulang berhari-hari, palingan biasanya cuma semalem atau dua malem. ditambah lagi gw baru pulang dari rumah sakit, jadi selama dihongkong chat terus sama mama ida, doi takut gw collapse tiba-tiba di hongkong, bikin gw makin kangen rumah.
bawaan kita banyak banget dan ga memungkinkan buat naik MTR jadi kita memutuskan buat naik mobil sewaan dari hotel harganya HKD 300 (jadi patungan HKD 100, sama ajakan kayak naik airport express), lebih enaklah udah tinggal duduk ga pake jalan kaki, jalanannya juga kosong jadi bisa cepet sampe airport dan harganya juga sama kayak naik airport express *trauma*